Jenis Obat Herbal dan Khasiatnya

Jenis Obat Herbal dan Khasiatnya
Jenis Obat Herbal dan Khasiatnya

Semakin majunya teknologi khususnya teknologi kesehatan, tidak memudarkan akan kebutuhan obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dibandingkan dengan obat kimia yang diperoleh dari dokter, obat herbal memang terkenal lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Selain memperolehnya mudah, banyak tumbuh disekitar kita, harganya pun tidak semahal dari obat dokter. Bahkan ada beberapa kasus obat kimia dari dokter itu apabila sering mengonsumsinya malah memicu penyakit lainnya seperti ginjal atau hati. Ya, hal itu memang benar karena hati dan ginjal harus bekerja keras menyaring zat-zat kimia yang terkandung dalam obat tersebut. ada berbagai jenis obat herbal yang dapat kita manfaatkan sebagai obat. Hanya saja memang responnya tidak secepat obat kimia. Hal ini karena pada dasarnya obat herbal lebih baik dikonsumsi sebagai upaya pencegahan.

Obat herbal yang akan kita bahas yatu sambiloto atau yang dikenal dengan nama ilmiah Androgaphis paniculata. Sambiloto ini banyak dijumpai di berbagai negara dengan khasiat sama yaitu untuk obat herbal. Ada beberapa jenis sambiloto namun hanya spesies Androgaphis paniculata yang punya khasiat obat. Apa saja khasiat sambiloto ini? Ya, sambiloto punya khasiat melindungi hati dari efek negatif obat seperti galaktosamin dan parasetamol. Jika kamu seorang konsumen parasetamol (obat penurun panas) hati-hati ya dengan kesehatan hatimu. Karena tidak baik hasilnya jika dikonsumsi terus-terusan. Begitu pula di India, ada pengobatan bernama Ayurveda yang menambahkan sambiloto sebagai herba medisnya. Selain melindungi hati, sambiloto ini berkhasiat juga melawan pertumbuhan sel kanker. Luar biasa bukan?

Jenis obat herbal lainnya yaitu tempuyung. Ciri tanaman ini mempunyai daun hijau licin dengan tepian ungu, bentuk tepi berombak dan bergigi tidak teratur. Daun berombak inilah yang mempunyai khasiat obat herbal untuk menghancurkan batu ginjal. Kandungan kalian berkadar tinggi inilah yang membuat kandungan batu ginjal pecah dan saluran urin (air kencing) kembali normal. Obat tempuyung ini benar-benar rekomendasi obat herbal dan patut dicoba oleh penderita batu ginjal.

Related posts: