Tahapan Proses Cara Fumigasi

Tahapan Proses Cara Fumigasi
Tahapan Proses Cara Fumigasi

Saat ini banyak orang ataupun perusahaan yang menggunakan jasa fumigasi karena ketatnya proses pengawasan dan peraturan dari departmen pertanian. Perlu untuk dilihat bersama beberapa  cara fumigasi agar dapat diawasi segala prosesnya dengan baik.

Adapun proses cara fumigasi diantaranya yaitu:

1.Persiapan fumigasi

Adapun persiapannya yaitu pemeriksaan surat-surat, pembagian tugas, catatan semua personil dan koordinator, bahan dan alat, dan pelaporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

2.Survey lokasi

Survey lokasi dapat membantu kita mengetahui kondisi lokasi. Pastikan lokasi terhindar dari gangguan cuaca, bebas dari keramaian dan memiliki ventilasi yang baik Selain itu, tempat atau ruangannya harus kedap suara dan bebas kotoran. Selain itu, ruangannya harus kedap suara dan bebas kotoran

3.Persiapan alat dan bahan

Alat-alat yang dibutuhkan dalam hal ini tidak hanya untuk alat-alat fumigasi saja tetapi juga perlu untuk mempersiapkan alat-alat keselamatan seperti sepatu, helm,sarung tangan, gas detector, respirator, dan pakaian kerja.

4.Pelaksaan fumigasi

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan fumigasi umumnya 2-5 hari tergantung luas dan kondisi tempatnya.

5.Monitoring atau pengawasan

Monitoring perlu untuk dilakukan untuk memastikan bahwa proses yang dilakukan berhasil. Monitoring dilakukan selama dua kali yaitu monitoring awal dan monitoring akhir. Monitoring awal dilakukan sebelum perlakuan fumigasi pada komoditi. Monitoring akhir dilakukan setelah beberapa hari setelah prosess fumigasi.

6.Aerasi

Pada bagian ini petugas fumgasi akan melakukan pembebasan fumigan hingga status aman bagi manusia sehingga tidak menyebabkan penyakit bagi manusia karena proses fumigasi.

7.Penerbitan sertifikat

Setelah semua proses, akan diberikan sertifikat bagi pengguna jasa furmigasi. Sertifikat yang biasa diberikan yaitu sertifikat gas clearance yaitu sertifikat yang memberikan jaminan bahwa kondisi lingkungan setelah furmigasi masuk dalam kategori aman bagi manusia dan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Selajutnya, sertifikat yang diberikan adalah sertifikat fumigasi yaitu sertifikat yang menyatakan bahwa telah dilakukan furmigasi untuk komiditi atau produk yang akan ditawarkan untuk di perjual belikan atau di ekspor serta diimpor.

Related posts: